Desain Rumah Tropis Minimalis

Desain Rumah Tropis Minimalis

Desain Rumah Tropis Minimalis – Sesuai iklim di Indonesia yang tropis, rumah yang cocok adalah rumah dengan desain tropis minimalis. Karena pada iklim tropis terdapat dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Sebagaimana kita ketahui pada musim kemarau terik matahari menjadikan udara begitu panas di siang hari, dan ketika musim hujan tiba udara menjadi dingin dan lembab. Rumah yang dirancang sesuai dengan iklim tropis, supaya penghuni rumah tetap merasa nyaman dalam menghadapi perubahan udara. Oleh sebab itu desain rumah tropis minimlis dirancang sedemikian rupa, sehingga memiliki unsure-unsur rumah yang mampu mengendalikan suhu udara di dalam rumah.

Bagaimana caranya untuk mengendalikan suhu di dalam rumah agar tetap bisa memberikan kenyamanan bagi yang menempatinya? Simak cara-cara berikut ini:

  1. Buat Kemiringan Atap Rumah

Semakin besar kemiringan atap tentunya akan menciptakan volume ruang atap menjadi besar. Ini dapat berfungsi meredam suhu panas yang timbulkan dari atap rumah yang terpapar sinar matahari langsung. Agar udara panas tidak bisa diteruskan ke dalam ruangan, itu sebabnya volume ruang atap di buat besar. Untuk atap yang cocok digunakan untuk rumah tropis adalah genting jenis gerabah atau bisa juga genting keramik. Atur kemiringan atap minimum 30 derajat.

  1. Dinding Rumah

Untuk dinding rumah tropis harus lah memiliki ketinggian yang cukup, agar sirkulasi udara bagus di dalam rumah, minimum ketinggian plapond dari lantai adalah 300cm. atur ruangan tertentu seperti ruang tamu, ruang keluarga sebaiknya digabung untuk meminimalisir ruangan. Dan untuk ruang makan sebaiknya jangan dipisahkan dengan dinding tembok agar ruangan menjadi terbuka. Selain dapat membuat rumah terasa luas dan lega, cara ini ampuh menangkal udara panas di dalam rumah pada siang hari.

  1. Jendela dan Lubang Ventilasi

Buatlah jendela-jendela dengan ukuran yang cukup besar pada tiap tembok yang menghadap keluar. Agar sirkulasi udara dapat lancar karena pergantian udara luar dan di dalam rumah menjadi sempurna karena adanya bukaan yang besar. Untuk menambah dinginnya udara di dalam rumah, Anda bisa menambahkan lubang ventilasi pada bagian atas jendela selain Anda buat juga membuat lubang ventilasi pada atas kusen pintu.

  1. Buat Taman dan Kolam Hias

Taman dan kolam hias adalah aksesoris paling tepat di tambahakan pada desain rumah tropis minimalis, ini akan memberikan kesegaran dan menambah kenyamanan tentunya. selain fungsinya sebagai dekorasi untuk memperindah rumah, adanya tanaman dan kolam juga memiliki berfungsi sebagai peredam udara panas dan sebagai filter atau penyaring udara.

  1. Warna Cat Rumah

Dengan memilih warna cat yang tepat pada setiap bagian atau komponen rumah termasuk pemilihan warna untuk perabot, aksesoris atau ornament rumah akan memberikan nuansa rumah tropis minimalis yang nyaman dan indah. Untuk cat rumah bagian luar, Anda bisa pilih warna abu-abu. Sedangkan untuk warna pada bagian dalam rumah, Anda cukup pilih warna putih saja untuk melapisi seluruh tembok rumah.

Selain lima unsur yang saya bagikan di atas, mungkin masih ada unsur lain yang ada yang dapat megendalikan suhu di dalam rumah tropis minimalis. Tetapi dengan 5 poin penting di atas, di rasa sudah cukup unutk dapat mengendalikan suhu ruangan pada rumah tropis minimalis. Semoga bermanfaat!

Iklan

#desain-rumah-2, #ekterior, #interior, #minimalis, #rumah-2, #tropis