E-commerce Bantu Dongkrak Permintaan Sewa Ruang Kantor

ruang kantor, ruang perkantoran, perkantoran, kantor e-commerce

Bisnis E-commerce turut mendongkrak permintaan sewa ruang kantor di Jakarta – E-commerce, bisnis yang berbasis teknologi saat ini mulai menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan. Secara tidak langsung turut mendongkrak peningkatan permintaan terhadap sewa ruang kantor di Jakarta, jelas ini akan bisa membantu pemulihan tingkat hunian atau okupansi ruang perkantoran.

James Taylor, Head Of Research Jones Lang LaSalle (JLL), mengatakan, bisnis e-commerce sedang berkembang di Indonesia. Dalam beberapa periode mendatang, pasar sewa ruang kantor berpeluang mendapatkan peningkatan permintaan ruang kantor dari perusahaan e-commerce internasional. Pertumbuhan di sektor logistik juga diharapkan mampu turut meningkatkan permintaan akan ruang kantor.

“Salah satu yang menjadi pendorong permintaan terhadap pasar ruang perkantoran nantinya adalah dari industri e-commerce. Sudah ada satu e-commerce raksasa asal China yang masuk ke perkantoran di kawasan CBD Jakarta. Kita berharap akan ada peningkatan permitaan yang signifikan dari perusahaan-perusahaan e-commerce serta aktivitas logistik,” kata James, Rabu (6/4/2016).

Baca juga: Ruang Perkantoran Di Jakarta Mulai Banyak Yang Kosong

Meskipun demikian, perkembangan bisnis e-commerce di dalam negeri sejauh ini masih terkendala oleh beberapa faktor yang terkait dengan rugalsi, metode pembayaran dan juga infrastruktur.

Pasar ruang perkantoran saat ini sedang tertekan yang diakibatkan oleh tingginya pasokan ruang perkantoran baru sepanjang tahun 2015 lalu, sementara itu permintaan terhadap ruang kantor sangat minim yang disebabkan oleh lesunya perekonomian dunia dan juga dalam negeri.

Rata-rata permintaan terhadap ruang kantor sejak tahun 2005 adalah sekitar 200.000 meter persegi per tahun. Tingkat permintaan ruang perkantoran di kuartal-I tahun ini sebenarnya sudah jauh lebih baik, bahkan setara dengan permintaan ruang perkantoran selama setahun di 2014 dan juga 2015, yaitu sekitar 44.000 meter persegi.

Namun, di tengah pasokan ruang perkantoran sepanjang tahun 2015 telah mencapai rekor yang baru, tingginya permintaan tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat hunian atau okupansi ruang perkantoran saat ini.

Pasokan ruang perkantoran baru di tahun 2015 mencapai lebih dari 250.000 meter persegi, sementara penyerapannya di bawah angka50.000 meter persegi. Dan di tahun ini, pasokan ruang perkantoran baru saat ini sudah hampir mencapai 250.000 meter persegi, sehingga menciptakan tingkat kekosongan ruang yang sangat luas.

Di sisi lain, beberapa proyek gedung dijadwalkan akan segera selesai pada beberapa kuartal tahun ini sehingga semakin meneruskan tren tekanan terhadap pasar ruang perkantoran di Jakarta. Dan tingkat kekosongan ruang kantor pun semakin tinggi.

Berita tentang industri E-commerce turut mendongkrak permintaan sewa ruang kantor di Jakarta ini, saya sadur dari laman bisnis.com. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda, selamat beraktifitas…

Iklan

#e-commerce, #kantor, #perkantoran, #ruang-kantor, #ruang-perkantoran, #sewa-kantor, #sewa-ruang-kantor