Koreksi Harga Ruang Perkantoran di Jakarta Terus Berlanjut

ruang kantor, perkantoran, ruang perkantoran, gedung perkantoran

Ruang Perkantoran

Koreksi harga sewa gedung perkantoran di kawasan central business district (CBD) Jakarta diperkirakan masih akan terus terjadi hingga tahun 2019. Hal ini dikarenakan, berlebihnya pasokan ruang perkantoran yang ada di kawasan tersebut.

Penelitian yang dilakukan Savills Indonesia menunjukkan, secara umum penurunan harga sewa ruang kantor cukup sedikit yakni sekitar 0,5 persen.

Baca Juga : 11 Gedung Perkantoran Baru Siap Beroperasi di Luar Kawasan CBD

Penurunan harga sewa terjadi hampir di semua grade, kecuali perkantoran grade C. Sementara, untuk perkantoran grade premium menduduki penurunan tertinggi yakni sebesar 2,23 persen.

“Ke depannya kita memproyeksikan (koreksi) tingkat sewa masih meningkat, puncaknya pada tahun depan karena pasokan yang banyak,” kata Anton Sitorus, Director Head of Research and Consultants Savills Indonesia dalam paparannya di Jakarta, Rabu (28/3).

Di kuartal pertama tahun 2018, jumlah pasokan perkantoran anyar untuk semua grade luasnya mencapai 97.000 meter persegi. Sementara, secara keseluruhan luas pasokan ruang perkantoran mencapai 6,05 juta meter persegi.

Perkantoran grade A mendominasi total luas area perkantoran yang ada di kawasan CBD yang sebesar 38 persen. Disusul perkantoran grade B 31 persen, perkantoran grade premium 21 persen dan perkantoran grade C 10 persen.

“Untuk penyerapan di kuartal pertama tahun 2018 ini sekitar 21.000 meter persegi,” ucapnya.

Baca Juga : Pasokan Perkantoran di Jakarta Masih Sangat Tinggi

Anton menambahkan, saat ini harga sewa rata-rata ruang kantor di kawasan ini mencapai Rp 205.000 per meter persegi per bulan. Koreksi harga sewa ini diperkirakan akan terus terjadi hingga tahun politik di tahun depan berakhir, sejalan dengan kembali stabilnya kondisi politik di dalam negeri.

“Semoga setelah pemilu, kondisi ekonomi juga akan lebih baik lagi. 2021 diperkirakan ada kesimbangan antara pasokan dan permintaan. Untuk harga mulai rebound di tahun 2020 mendatang,” tutup dia.

 

Sumber : kompas.com

#gedung-kantor, #gedung-perkantoran, #kantor, #perkantoran, #ruang-kantor, #sewa-kantor