Okupansi Perkantoran di Surabaya Diprediksi Tetap di Bawah 70%

Permintaan perkantoran di Surabaya masih lesu. Pasokannya melimpah, sama seperti yang terjadi di Jakarta, disebut menjadi salah satu penyebab, penyerapan area perkantoran di Surabaya masih minim.

perkantoran, gedung perkantoran, perkantoran di surabaya

Colliers Indonesia menilai, Tingkat hunian gedung perkantoran di Surabaya juga masih sangat sedikit. Padahal, total gedung perkantoran di Surabaya hanya setara dengan perkantoran yang ada di Jalan Satrio, Jakarta Selatan.

Baca Juga : Tips Atasi Mahalnya Harga Sewa Kantor Bagi Startup

Dalam catatan Colliers, total gedung perkantoran di sana hanya 340.000 meter persegi hingga semester pertama 2018. Saat ini terdapat 80.000 meter persegi yang masih belum terisi. Angka tersebut sangat besar untuk ukuran kota Surabaya dan butuh waktu lama untuk dapat menyerap semua itu.

Oleh karena itu, Colliers memprediksikan tingkat okupansi perkantoran di kota ini masih akan di bawah 70 persen hingga akhir tahun. Menurut ferry, minimnya serapan ruang kantor di sana karena masih banyaknya perusahaan lokal lebih memilih rukan sebagai kantor atau menjadikan rumah sebagai kantor mereka.

Harga sewa ruang kantor di Surabaya diperkirakan juga akan mengalami penurunan hingga akhir tahun ini sekitar 5 persen karena permintaan masih minim. Dari sisi tenant, bisnis perkantoran di Surabaya masih ditopang dari pelayaran, asuransi dan perbankan.

Tetapi belakangan, seiring dengan perkembangan perusahaan rintisan (start-up), keberadaan coworking space juga sudah mulai hadir di kota ini. Dari catatat Colliers, sudah ada tiga perusahaan penyedia ruang kantor bersama yang ada di Surabaya.

Baca Juga : 4 CoWorking Space di Surabaya yang Nyaman buat Kerja

Ferry mengatakan, pasar perkantoran strata title juga cenderung mengalami perlambatan. Biasanya durasi penjualan gedung perkantoran hanya membutuhkan waktu satu sampai dua tahun untuk terserap penuh, kini butuh waktu lebih lama lagi yakni sekitar 3 hingga 4 tahun.

Baca Juga : Banyak Pasokan, Harga Sewa Kantor di Jakarta Bisa Turun 20%

Suplai perkantoran di Surabaya diperkirakan masih akan terus mengalami peningkatan sehingga tekanan terhadap okupansi masih akan berlanjut. Dari tahun 2018 sampai tahun 2021, penambahan pasokan perkantoran baru diperkirakan akan mencapai 330.000 meter persegi.(KONTAN.CO.ID)