Sayembara Desain Kantor Bupati Sleman Berhadiah Rp 175 Juta

gedung, gedung kantor, bupati sleman, sayembara desain kantor

Peserta sayembara saat mendapatkan penjelasan perlombaan desain gedung kantor Bupati Sleman. (Foto: Harminanto)

Pemerintah daerah Sleman melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Sleman melakukan kerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Selasa, 2 Oktober 2018 dengan memulai sayembara desain gedung kantor Bupati Sleman. Pemda Sleman pun menawarkan hadiah total Rp 175 juta, penyelenggara berharap mendapatkan desain kantor terbaik dan ramah bencana untuk salah satu gedung layanan publik yang ada di Kabupaten Sleman.

Ketua IAI DIY, Ahmad Saifudin Mutaqi IAI AA mengatakan, perancangan desain gedung publik memang sebaiknya dilombakan untuk profesi arsitek. Pasalnya, sebagai gedung publik yang memiliki nilai sekaligus menjadi sorotan masyarakat akan lebih baik apabila dibuat dengan rancangan terbaik yang lahir dari pemikiran kompetitif.

Baca Juga : CentrePark Bikin Desain Kantor Kekinian Demi Karyawan

“Maksud sayembara ini agar kehadiran bangunan publik benar-benar lahir dari pemikiran yang kompetitif dengan harapan muncul karya yang hebat karena lomba ini menghadirkan juri yang berkompeten ada Ir Munichy B Edrees, Eko Agus Prawoto, Adi Utomo Hatmoko, Totok Roesmanto hingga Yori Antar yang merupakan ekspert di bidang arsitektur,” ungkapnya usai pemaparan penjelasan pada peserta sayembara.

Desain gedung kantor nantinya memuat arsitektur modern dengan dipadukan kearifan lokal serta merupakan bangunan berkualitas sesuai Pergub DIY nomor 40 tahun 2014. Dalam sayembara tersebut, penyelenggara meminta peserta untuk membuat desain lengkap dengan maket yang nantinya akan dipresentasikan pada para juri.

Baca Juga : Tips Memaksimalkan Desain Kantor Modern

Budget pembangunan dengan nilai Rp 25 miliar pun disyaratkan bagi para peserta untuk nantinya diimplementasikan sesuai pakem dan aturan yang berlaku dalam pembangunan gedung pemerintahan. Nantinya Barang Milik Negara (BMN) diharapkan memiliki nilai yang tak hanya fungsi saja namun contoh bagi masyarakat.

“Pendaftaran masih terus dibuka hingga 24 Oktober mendatang dan kami berharap semakin banyak arsitek yang bisa berpartisipasi tentu agar pemda Sleman mendapatkan hasil desain yang terbaik. Hadiah totalnya mencapai Rp 175 juta untuk pemenang,” sambungnya.

Baca Juga : Tips Menata Interior Desain Kantor Minimalis Supaya Nyaman

Terkait informasi pendaftaran sendiri penyelenggara menyediakan akses melalui website iai-diy.or.id atau sekretariat sayembara di Kantor Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Sleman di Jalan Magelang km 10 Beran Tridadi Sleman.

Sumber : krjogja.com

Iklan

#desain-kantor, #gedung-kantor