Bank Pastikan Layanan Kantor dan ATM Aman Pasca Listrik Padam

Listrik padam massal yang terjadi pada Minggu hingga Senin membuat sejumlah layanan tidak beroperasi. Mulai dari transportasi hingga layanan perbankan seperti mesin ATM.

Sejumlah bank mengaku setelah kejadian tersebut, seluruh layanan outlet dan ATM sudah dapat melayani dengan normal.

Corporate Secretary PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Meiliana menjelaskan saat ini layanan sudah berjalan baik dan normal.

Baca Juga : Alasan Ribuan Driver Online Demo di Kantor Gojek

“Untuk outlet yang memang ada di area pemadaman bergilir PLN tetap beroperasi karena BNI sudah menyiapkan daya cadangan supaya tidak terdampak mati listrik lagi,” ujar Meiliana saat dihubungi detikFinance, Selasa (6/8).

Kemudian PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) melakukan berbagai tindakan preventif sehingga jaringan kantor dan e-channel BRI bisa beroperasi dengan baik.

Osbal Saragi, Direktur Jaringan dan Layanan Bank BRI menjelaskan bahwa BRI secara berkala melaksanakan health check dan risk assessment terhadap availability power management di data center BRI. “Sehingga jika terjadi kondisi anomali dipastikan layanan BRI tetap bisa berjalan normal dan terkendali,” tambahnya.

Dari sisi infrastruktur, setiap jaringan kantor BRI sudah dilengkapi dengan adanya backup power cadangan (genset) sehingga dalam kondisi saat ini tetap bisa memberikan layanan perbankan terbaik kepada nasabah di seluruh Indonesia.

“Untuk mesin ATM BRI yang tidak berada di Kantor BRI, selama pihak pengelola gedung tempat ATM BRI memiliki genset yang memadai tentu mesin tersebut bisa digunakan dengan normal oleh nasabah,” terang Osbal.

Bank BRI juga sangat terbantu dengan kehadiran satelit BRIsat untuk mendukung jaringan komunikasi di saat black out. “Dengan pemanfaatan jaringan BRIsat, setiap kantor dan mesin ATM BRI bisa terus terkoneksi dengan data center BRI, jadi tidak terjadi gangguan dalam melayani nasabah,” tambahnya lagi.

Baca Juga : Kenapa Pertamina Pindah ke Gedung Perkantoran Milik Luhut?

Ke depan, Bank BRI telah mengambil berbagai langkah antisipatif sehingga operasional layanan perbankan tetap bisa berjalan dengan baik. Diantaranya memastikan ketersediaan uang di seluruh mesin ATM BRI dan CRM BRI serta menambah stok bahan bakar yang digunakan genset untuk mengantisipasi kondisi listrik yang belum stabil.

Jahja Setiaatmadja, selaku Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menjelaskan mesin ATM BCA yang ada di lokasi cabang dan mall aman, karena memang memiliki daya cadangan. Saat mati listrik pada Minggu masih ada 13.000 jumlah ATM yang aman dan tetap bisa melayani transaksi.

Saat ini, layanan ATM BCA sudah beroperasi dengan normal seluruhnya.

Iklan

#listrik-padam, #mati-lampu, #pln