Tips Membangun Rumah Murah Namun Tidak Murahan

rumah, bangun rumah, rumah murah, rumah bagus, tips rumah, properti, arsitektur

Tips Membangun Rumah Murah Namun Tidak Murahan – Pada artikel kali ini saya akan memberikan tips, bagaimana cara membangun rumah murah namun tidak murahan. Mengingat saat ini harga-harga bahan bangunan dan ongkos pengerjaan pembuatan rumah semakin mahal. Semoga beberapa tips berikut dapat bermanfaat, terutama bagi Anda yang sedang ingin membangun rumah idaman dengan budget yang tak banyak.

Cara Membangun Rumah Murah Tapi Hasil Bagus:

  1. Membangun rumah dilokasi yang harga tanahnya masih terjangkau, biasanya di pinggiran kota. Namun survey terlebih dahulu apakah kawasan yang akan kita pilih untuk mendirikan rumah memiliki akses yang mudah, seperti dekat tol atau akses jalan lainnya.
  2. Pilih harga material atau bahan bangunan semurah mungkin, namun harus tetap memiliki kualitas yang bagus. Anda bisa mencari informasi harga bahan bangunan dari beberapa toko bangunan, kemudian bandingkan lalu pilih yang paling murah. Cari tahu juga apakah ada diskon untuk bahan bangunan. Walau terkadang jumlah barang yang di diskon terbatas, Anda bisa mengkombinasikannya dengan barang yang lain. Seperti keramik, keramik yang di diskon jumlahnya sedikit Anda bisa menggunakannya sebagai ornamen atau pola pada lantai.
  3. Membangun pada waktu-waktu yang tepat, agar dapat menghemat anggaran untuk membangun rumah. Terkadang ditemui harga bahan bangunan atau ongkos tenaga bangunan yang lebih mahal dari harga normal, contohnya pada hari raya atau ketika libur nasional. Jadi hindari rencana membangun rumah pada waktu-waktu tersebut, karena dapat membuat biaya pembangunan rumah semakin tinggi.
  4. Rencanakan desain dan model rumah semaksimal mungkin untuk melakukan penghematan, hal-hal yang dapat mengurangi anggaran pembangunan rumah seperti ukuran rumah, jumlah ruangan, pemilihan material bangunan dan sejenisnya.
  5. Buat denah rumah yang lengkap sebelum membangun rumah, karena hal ini dapat menghemat waktu bagi tukang bangunan dalam pelaksanakan sehingga proses pembangunan rumah bisa lebih cepat dan tepat. Selain itu pembuatan denah rumah yang baik juga berguna untuk menghindari terjadinya bongkar pasang akibat bentuk rumah yang tidak sesuai dengan selera.
  6. Pilih tukang bangunan atau pemborong profesional yang sudah ahli dibidangnya, tentu hal ini dapat menghemat waktu pengerjaan maupun biaya pembangunan rumah. Karena dikerjakan oleh tanaga ahli yang benar-benar mampu mewujudkan rumah yang bagus sesuai idaman Anda dan keluarga.
  7. Pilih desain rumah minimalis atau sederhana, karena desain seperti ini tidak memiliki banyak ruang namun tetap memberikan kesan modern. Ukuran rumah yang kecil tak jadi masalah, sejauh Anda bisa mengatur penempatan ruang dengan tepat agar rumah terlihat luas. Buat ruangan yang memiliki fungsi ganda untuk menghemat lahan, contohnya ruang keluarga sekaligus ruang tamu atau dapur yang bisa juga di gunakan sebagai ruang makan.

Tentu masih banyak tips dan cara membangun rumah murah, selamat membangun rumah idaman Anda.

Iklan